Wednesday, January 27, 2010

S.O.L.O

              Sejak dari beberapa bulan yang lalu ( setangah taon kemaren di 2009) aku jadi sering ke Solo, kerumah eyang putri ( ortu dr Papa), lebih tepatnya dua minggu sekali. Aku sekeluarga harus kesana sejak eyangku sakit. Sebenarnya sudah lama sih sakitnya..udah hampir dua tahun gitu, tapi kondisi semakin parah setahun terakhir. Mulai bulan puasa kemaren eyang sakitnya semakin parah, apalagi sejak terjatuh dari kamar mandi, eyang menjadi stroke sbelah anggota badan dan harus menghabiskan hidupnya di tempat tidur dan kursi roda. Haduh.. nggak tega banget deh ngeliatnya. Setelah itu eyang dirawat selamat 1 bulan stengah lebih di rumah sakit YARSIS solo di daerah Gonilan Solo ( deket UMS). Kata dokter sudah ngga ada harapan lagi... Betapa sedihnya hatiku waktu ngeliat eyang terbaring di kasur rumahs akit dengan selang infus dan oksigen disekujur tubuhnya, sementara tubuhnya tinggal tulang dan kulit.



                   Setelah satu bulan setengah opname diRS, keluarga memutuskan untuk merawat eyang dirumah aja. Akhirnya eyang di rawat di rumah tante ima dan diberi perawat untuk merawat eyang. Semua fasilitas yang ada di kamar rumah sakit dipindah juga ke kamar eyang, mulai dari infus, AC dan oksigen. Pokoknya kita berikan untuk yang terbaik deh...  Tanggal 1 Januari kemaren setalah semalem berpesta dengan teman2 dan keluarga, aq, mama dan papa pergi menguujungi Eyang di Solo. Berangkat dari Gresik jam setengah sembilan karena kami masih harus berkemas dan bangun kesiangan ( efek tidur pagi2.. jam 3an). Walaupun kita berangkat jam 8, suasana saat itu masih  seperti subuh saja, mendung dan gerimis sepanjang perjalanan. tiba disolo sudah sore. Kita menginap di Solo sampai hari minggu saja karena hari senin aku ada interview lanjutan di HSBC.  Waktu mau pulangpun terasa berat saja melihat kondisi eyang yang semakin memburuk, eyang terus mengurus dan muntah2. Bagaimana kalo aku nginep aja di Solo? pikirku saat itu...tapi mama tetep nyuruh aq untuk ikut interview. Selama beberapa hari di Solo aku sempet juga keliling wisata kuliner dan batik di Solo hehe.. nggak lengkap gitu rasanya. Apalagi kampung rumah eyangku, di Kauman (daerah pasar klewer dan keraton) , sekarang dijadikan kampung batik. wuaaahhh.... rame banget deh.

                      

Ini waktu makan di Soto gading Solo.
Dinamakan Soto Gading karena rumah makannya terletak di jalan Gading Solo,
deket kampung batik laweyan.
Soto gading itu soto ayam, tapi kuahnya berwarna bening, dengan suwiran ayam yang enakjuga.
 juga enak kalo dicampur dengan sate usus, kerang atau sosis solo
( balutan dadar telur tipis dengan isi ayam atau daging)
ada juga tempe goreng krispi yang yummy banget.
Nggak lupa minum teh jeruk ato es teh yang.. hmmm seger and enak banget.


                          Akhirnya aku pulang hari minggu, dan sampai dirumah sudah menjelang magrib. Capek banget.. apalgi mataku sempet merah sejak di Solo, mungkin efek make softlense kelamaan.. tapi sampe di rumah pun tetep merah. aq baru ngeh kalo aku terkena sakit mata setelah mataku berair ( baca; belek'en) setlah itu aq sempet juga pergi makan sama pacarku ( makasih ya sayang...). Enntah kenapa semalaman aku gak bisa tidur dan pagi hari (5/01) aq malas banget untuk pergi interview, perasaanku ada yang nggak enak gitu apalagi mama juga sakit panas, mungkin kecapekan.  Ternyata nggak lama kemudian( 09.00 am)  ada kabar dari Solo kalo eyangku meninggal, sontak saja mama dan aq menangis. Mama menyuruh kami, Adekku ( bintang) dan aku untuk berkemas. Sekitar jam 10.30 akhirnya kami kembali berangkat menuju Solo, dan kali ini teman2 Papaku ikut menemani dan menyetir mobil. Mereka tau kalo Papa nggak akan bisa tenang menyetir mobil dalam keadaan sperti itu. Tapi sayang, kami hanya bisa melihat eyang saat di pemakaman di Delanggu ( rumah eyang buyut) sekitar jam 5 lebih. Jadilah aku menangis sesengguukan melihat eyangku sudah terkubur didalam tanah.
"Selamat Jalan eyang Uti, Semoga Engkau diberi tempat yang mulia di Sisi Allah, Semoga Allah menghapus segala dosa. Amien... Kami akan merindukanmu dan selalu meyanyangimu. Maafkan  cucumu ini jika pernah menyakiti hati eyang dan belum bisa membahagiakan eyang sepenuhnya. Amien..."

 Kenangan bersama eyang Putri ( tengah ) saat Lebaran Idul Fitri tahun 2009

8 comments:

  1. Beuh...
    Sekian lama dinanti akhirnya posting nya kluar jg.

    Eyang udah bahagia tuh di Sana..
    Kiriman doa dr org2 tercinta yg ditunggu.

    Tetep Semangka..

    ReplyDelete
  2. komen pertama saya,.

    turut berduka cita.

    ReplyDelete
  3. Turut sedih ya atas meninggalnya eyang kamu. Semoga amal ibadahnya di terima Tuhan.

    Btw, saya jadi ngiler sama sotonya... :D sayangnya jauh banget. hu hu

    ReplyDelete
  4. astaga... maaf aku saking semangatnya nulis, ternyata eyangmu sudah meninggal... maafin aku ya... eyang pasti dah tenang dan bahagia ya diasana... bareng sama mamaku...

    ReplyDelete
  5. Aku turut berduka cita atas meninggalnya eyangmu.
    Kunjungan kembali nih :)

    ReplyDelete
  6. Aku jg turut berduka cita...
    Semoga semua amal ibadahnya di terima di sisi-Nya...

    ReplyDelete
  7. Bebs: iya mas... makasih bwt perhatiannya mas saat itu sammpai sekarang. luph u

    matakakiku: hai.. makasih. sering2 berkunjung yah

    handika: makasih juga sobat...

    nineta: hehe ngga apa2 ko mbak..makasih mbak :)

    Desi eria: makasih..makasih... yang sering2 ya..

    tyas: Amien.. makasih juga tyas.

    All: makasih bwt teman2 semuanya... GBU

    ReplyDelete

after read this... plase give comment ya!!!