Monday, February 08, 2010

Sekolahin tuh Mulutnya!!!

 Aduuh aku paling benci kalo ada orang gak cewek gak cowok kalo ngomong seenaknya sendiri. Apalagi kalo lagi emosi.. semua kata jorok, kotor dikeluarin... kalo orang jawa bilang " Misuh" ,trus ditujukan buat kita. Belum lagi kalo semua kata-katanya itu fitnah dan nggak ada satu pun yang bener. Rasanya pengen aku cuci mulutnya pake deterjen pakaian. Kenapa juga nggak diomongin secara baik-baik dan kekeluargaan tanpa harus ada emosi seperti itu? Apa teman2 sependapat denganku??? ( fiuh ,take a deep breath Ndo....sabaaarrr). Kata temen2ku orang kayak gitu nggak usah digubris, ga usah dipeduliin, gak usah direken ( dialek jawanya ga dipeduliin), soalnya orang kayak gitu pasti masuk telinga kiri keluar telinga kanan.


               Sebelnya lagi ya, banyak yang kayak gitu itu orangnya berpendidikan dan sekolah. Pasti pernah diajarkan tata krama bersosialisasi dengan orang lain kan?  coba deh inget2 pelajaran PMP, ( Pendidikan Moral Pancasila),  PPKN, PKN, Pendidikan Kewarganegaraan atau apalah istilahnya sekarang. Sia-sia dong Bapak dan ibu guru dulu mengajarkan pelajaran itu disekolah kalo ternyata mantan anak didiknya tidak bisa mengontrol dirinya berbicara dengan orang lain. " anak-anak, kita tidak boleh mengucapkan perkataan kasar kepada orang lain ".  aku sendiri kalo menghadapi orang-orang macam seperti itu ya tak cuekkin aja,  percuma aja kalo dibilangin baik-baik tapi nggak mempan, cuma kalo udah bikin telinga panas, nih....aku bilang begini " Eh, sekolahin tuh mulutnya. Kasian.. cakep-cakep tapi ngomongnya kasar " Setelah itu aku tinggal deh. Perihnya lagi ya... anak-anak kecil masih balita jaman sekarang bisa juga lho ngomong kasar dan misuh kayak gitu. Balita kan sangat mudah untuk menirukan gerak gerik perilaku  dan perkataan orang di lingkungan sekitar. Kalau begini yang salah siapa? ya tentu saja orang tuanya. Makanya.. kalo kita punya anak atau punya adik yang masih kecil-kecil, hati-hati tuh... kalo mau marah lihat-lihat dulu... jangan sampai marah didepan anak kecil. Sungguh memprihatinkan.... Ya sudah deh kita doakan saja semoga Allah membukakan pintu hatinya dan membimbingnya untuk ke jalan yang lurus. Amien....

* Buat teman2 yang dah berkunjung....makasih ya, maaf belum sempat blog walking. Tapi secepatnya akan bales blog walking juga... dan untuk yang sudah berkomentar di postingan2saya sebelumnya, saya ucapkan makasih... akan saya balas ASAP!*

6 comments:

  1. Iyaa...setuju!!! Aku jg sebel ma orang yg kayak gitu. Emg mereka pikir, orang yang ndengerinnya gak sumpek apa?!!

    Tapi syukurlah, lingkunganku gak ada yang suka ngomong kasar/jorok... :)

    ReplyDelete
  2. iya... menyebalkan ya tyas? aku nggak habis pikir sama orang2 yang kayak gitu. kalo dibiarin terus2an malah bikin gondok :(

    ReplyDelete
  3. eh iya aku jg sebel banget sama yg suka ngomong kasar.
    kaya keren aja, padahal malah bikin amit2.

    ReplyDelete
  4. Desi: iya dia ngerasa hebat gitu.. tapi belum tentu berisi otaknya. iya kan..??

    ReplyDelete
  5. hehehehehehe judulnya bikin aku ketawa.
    yuk kita bikin sekolah khusus mulut. gimana tuh ya konsep sekolahnyaaa
    lucu kali ya

    ReplyDelete
  6. mulut disekolakan...???

    bs jadi tuh!!!!

    ReplyDelete

after read this... plase give comment ya!!!