Wednesday, February 08, 2012

pertanyaan seputar BRI junio

Berikut pertanyaan2 yang sering ditanyakan nasabah / customer tentang BRI junio, sekaligus menjawab pertanyaan Mba Anisa nur baiti dan anonim di postingan saya sebelumnya.

A : Apakah wajib mempunyai tabungan induk sebelum membuka tabungan BRI JUNIO ?
B : sesuai dengan ketentuan Kantor pusat BRI jakarta terbaru, WAJIB. Bisa BRITAMA / SIMPEDES. Kecuali ada promo di cabang-cabang BRI tertentu. Seperti di kantor cabang tempat saya bekerja, saat ini ada program khusus untuk pelajar sekolah. Tanpa dibukakan tabungan induk, langsung JUNIO dengan setoran awal mulai dari RP. 50.000 dan free merchandise. BRI bekerjasama dengan sekolah2 untuk membuka tabungan BRI junio dengan syarat kartu pelajar dan surat ket sekolah.

A: Bagaimana kalo saya sudah punya tabungan sebelumnya seperti BRITAMA / SIMPEDES? Bisakah membuka BRI Junio?
B: Bisa. kini simpedes juga bisa membuat tab BRI junio

A : Siap saja dan usia berapakah yang bisa membuka tabungan BRI junio?
B : semua warga negara indonesia yang telah mempunyai KTP dan harus punya tabungan BRITAMA / SIMPEDES.
Jenis tabungan JUNIO ada 2 :
1. Untuk usia O-17 th » free administrasi ( biaya sudah ikut tab induk / orangtua / wali
2. Untuk usia 17th keatas. Dikenakan biaya admin per bulan sebesar RP. 5000.00
Apabila orangtua / wali yg mempunyai anak yg sebelumnya sudah didaftarkan BRI junio untuk anak2 free administrasi, dan telah menginjak umur 17 th, maka secara otomatis tabungan BRI junio tsb menjadi BRI junio untuk tipe 17th keatas Tanpa menutup / membuka tabungan baru. Dan secara otomatis akan dapat biaya admin per bulan 5000 rupiah.


A : Apakah pelajar bisa membuka tabungan BRI JUNIO.
B : Bisa. Sesuai dengan syarat yg berlaku.

A : fasilitas apa yg didapat jika membuka tab JUNIO??
B : buku tabungan bersampul tokoh karakter kartun dan atm ( jenis private card, tidak bisa untuk belanja/ hanya bisa untuk penarikan di AtM BRI/ atm bersama/ EDC BRI. Selain itu mendapat fasilitas diskon di beberapa tempat rekreasi dan restaurant yang telah bekerjasama dengan BRI. Mendapatkan sms banking, mobile banking, internet banking dan notifikasi sms untuk transaksi.

A : Apa saja Syarat2nya ??
B : 1. Punya tab induk ( karena nanti di AFT, pemotongan setoran otomatis dr tab induk ke JUNIO.
2. FC KTP + KTP asli orang tua
3. FC Kartu keluarga
4. Kartu pelajar + surat ket sekolah ( hanya pada saat ada promosi saja )
5. Setoran awal 1 juta, 500 tab induk 500 junio. Apabila sudah ada tab induk, maka hanya beri setoran awal sebesar RP. 250.000. Selanjutnya bisa menyetor / nabung biasa mulai Rp 50.000 / sesuai dengan syarat berlaku di masing-masing cabang BRI.
6. Isi formulir dan kartu contoh tanda tangan ( yang mengisi orang tua / wali )
7. Nama yang tertera di tabungan anak adalah nama anak QQ nama orang tua

A: Jika telah membuka tab BRI junio, tabungan milik siapakan yang akan dapat biaya administrasi tiap bulan?
B: Jika nasabah membuka tabungan untuk anak usia 0-17 tahun, maka tabungan induk yang akan dikenakan biaya sesuai ketentuan. BRITAMA, admin per bulan Rp. 10.000,- dan Simpedes Rp.5.000,-
apabila nasabah membuka tabungan junio yg berusia 17 tahun keatas, yang Junio dikenakan admin 5000 rupiah.

A: Bisakah anak mengambil uang tanpa ATM?
B: Tidak bisa jika melalui teller, yang mengambil harus nama orang tua / wali yang tertera di tabungan ( QQ). tapi untuk menabung si anak bisa menabung sendiri.

Semoga penjelasan ini bisa memuaskan teman-teman. Untuk keterangan lebih lanjut silakan tanya ke kantor cabang BRI / unit terdekat atau call center 14017 ( 24 jam bebas pulsa ). Terima kasih :)

23 comments:

  1. apakah bisa menabung di bank bri pake kartu bri junio

    ReplyDelete
  2. thanx infonya, tapi untuk penulisannya apakah benar anak qq orang tua. setauku orang tua qq anak, stelah survei di di beberapa BRI jogja. mhon tanggapannya. maturnuwun.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya telah memberi komentar di postingan ini. untuk felix : kalau anda tidak hafal nomor rekeningnya dan tidak membawa buku tabungan, bisa saja dengan bawa atm junio / atm BRI. Caranya anda datang ke customer service dan ingin mengetahui nomor rekening tabungan. setelah itu mengisi slip penyetoran ( biru ) dan diserahkan ke teller

    sakti peksos: yang benar adalah orang tua QQ nama anak yang didaftarkan, yang sesuai akte kelahiran. sedangkan nama yang muncul di atm junio adalah nama si anak, bukan nama orang tuanya.

    ReplyDelete
  4. bagaimana untuk membuka rekening untuk anak berumur 9 th,bila orang tuanya tidak ada bersama anaknya,dan anak itu dijaga oleh neneknya

    ReplyDelete
  5. sekali lagi.
    maksud dari tabungan induk apa ?
    bila kita buka tabungan junio tanpa ada tabungan britama/simpedes dan umur kita di bawah 17 tahun, berapakah potongan yang kita dapat ? serta apa terdapat bunga pada tabungan junio ? kalau ada berapa ?
    terimakasih ..

    ReplyDelete
  6. Masih belum ngerti saya, maaf saya berumur 16thn mau buka atm BRI ,tp hanya untuk menerima transferan dr ayah saya, seperti apa seharusnya ?

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas pertanyaannya. Saya akan menjawab jadi satu ya pertanyaannya.
    BRI

    seperti yang sudah dijelaskan, junio adalah tabungan dari BRI untuk anak-anak. maskot junio adalah 3 tokoh karakter kartun yang sudah melegenda seperti tom and jerry, superman dan tweety.

    untuk membuka tabungan ini syarat utama adalah punya tabungan BRITAMA dan Simpedes ( simpanan pedesaan). ortu atau wali cukup melampirkan ktp dan akte kelahiran si anak. jadi tidak masalah bila anak berada di luar kota.

    Di tabungan junio, untuk usia 0-17 tahun tidak terdapat biaya administrasi. Atau bebas biaya potongan. biaya administrasi sudah ikut jadi satu dengan tabungan induk orangtua / wali. Langsung dapat buku tabungan dan ATM yang bergambar karakter sesuai permintaan nasabah.

    bagaimana bila anak sudah berumur 17 tahun ke atas ? apabila nasabah telah lama menjadi nasabah BRI dan mempunyai tabungan Junio dan anaknya telah berumur 17 tahun lebih, maka tabungan junio tersebut akan mendapat biaya administrasi 5000 tiap bulan.

    Apa boleh nasabah baru yang punya anak berumur 17 tahun keatas membuka tabungan junio ? apabila anak sudah mempunyai KTP, maka sebaiknya membuka tabungan BRITAMA yang administrasinya 10 ribu tiap bulan, atau simpedes yang adminnya 5000 tiap bulan. Semua tabungan mempunyai keistimewaan.

    BRITAMA : mendapatkan kartu atm mastercard mulai dari klasik, gold dan platinum. syarat dan ketentuan berlaku. Dengan kartu atm ini, nasabah bisa berbelanja di mana saja di mesin edc yang ada. di luar negeri juga bisa. bisa tarik tunai di atm bersama dengan biaya hanya 5000. untuk tarik di atm bri gratis. bisa mendapatkan fasilitas sms banking dan internet banking

    SIMPEDES ; admin 5000, mendapat private atm. Bisa tarik tunai di atm bri dan atm bersama. untuk berbelanja hanya bisa digunakan di mesin edc berlogo BRI saja.

    Junio : mendapat private atm. Bisa tarik tunai di atm bri dan atm bersama. untuk berbelanja hanya bisa digunakan di mesin edc berlogo BRI saja. Untuk junio juga mendapatkan potongan diskon di merchant2 yg bekerja sama dengan BRI, spt timezone, ciputra world, the jungle, dufan, bali zoo, ANCOL dll.

    untuk TRI DWY N : apabila anda hanya ingin membuka tabungan untuk menerima transferna saja. saya sayarankan buka simpedes. setoran awal 100 ribu dan biaya admin tiap bulan 5000.

    silahkan hubungi customer service di kantor cabang, unit, kantor kas, dan kantor cabang pembantu BRI terdekat. atau call center 24 jam 14047. BRI melayani dengan setulus hati :)


    ReplyDelete
  8. Saya pelajar usia 16 tahun, tetapi tidak tinggal dengan orang tua bagaimana? Kalau membuka tabungan britama menggunakan kartu pelajar SMA apakah bisa? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  9. silakan lihat postingan saya yang terbaru. sudah dijelaskan disana. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. untuk Rekening Induk SIMPEDES apa pemotongan biaya adm ny tetap 5.000,- jika mempunyai tabungan junio?

    makaci jawaban nya... :)

    ReplyDelete
  11. untuk Rekening Induk SIMPEDES apa pemotongan biaya adm ny tetap 5.000,- jika mempunyai tabungan junio?

    makaci jawaban nya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo waktu saya msih bekerja di bank tsb memang adminnya 5000, kalo sekarang mohon maaf saya kurang tahu. kemungkinan sudah berubah. silakan bertanya di customer servis BRI terdekat dikota anda ya mbak. atau sila hub call center 14047

      Delete
  12. jadi kalo ortu blm punya atm BRI anak gk bisa buat BRI Junio??

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang tua wajib punya rekening di BRI bisa simpedes atau BRITAMA. selama orangtua sudah punya tabungan BRI tapi belum mempunyai kartu ATM bisa membuat rekening BRI junio

      Delete
  13. Mb mau tanya nomor rekening bri junio jumlahnya sama atau tidak dengan bri britama milik orang tuanya yaitu sebanyak 15digit ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekening BRITAMA ataupun SIMPEDES berjumlah 15 digit, begitu juga dengan BRI Junio sama 15 digit

      Delete
    2. k gimana cara transferx ke bank junio make nama ortunya apa langsung nama anaknya, mohon dibantu k takutnya salah kirim

      Delete
  14. apakah anak bisa mengambil/mentransfer uang di atm sendiri? *jika anaknya sudah tahu cara mengambil/mentransfer uang di atm*

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah kostumer datang membuka rekening bri junio secra otomatis langsung mendapat kartu atm bri junio yang berkarakter kartun. hari itu juga setelah rekening aktif dan kartu atm sudah diaktifkan oleh pihak bank BRI maka sudah bisa digunakan untuk mengambil uang dan mengirim uang baik sesama bri atau lain bank. Transaksi keuangan tabungan BRI junio bisa diketahui si orang tua dengan cara mendapatkan notifikasi sms ke hp orang tua yang terdaftar. info selengkapnya silakan datang ke kantor BRI terdekat

      Delete
  15. k gimana cara transfer ke bank junio, make nama ortunya apa langsung nama anaknya, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. transfernya sama saja dengan transfer menggunakan BRItama atau simpedes. Kalau mas rahmat mau transfer langsung ke bank langsung bisa membawa tabungan BRI atau tidak membawa selama mengetahui nomor rekening BRI junio.

      maaf mas, make nama orang tuanya bagaimana? saya kurang paham. atau saya kasih penjelasan singkat.

      1. menggunakan tabungan orang tua
      orang tua mau mentransfrer uang ke rekening BRI junio anaknya dari tabungan orang tuanya (simpedes/britama). syaratnya orang tua yang bersangkutan yg melakukan ini.

      2. tanpa menggunakan buku orang tua alias buku tabungan BRI junio saja. bisa.... bahkan anaknya sendiri yang datang juga bisa menstransfer langsung.

      Delete
  16. Mba, saya kan udh pnya britama junio pk nama ortu , niatnya mau dipindahkan ke bri yg biasa biar nama pemiliknya berubah jd nama saya, syarat syarat yg mesti dibawa apa aja ya ?

    ReplyDelete
  17. Kalau 17 tahun bisa buka tabungan bri simpedes

    ReplyDelete

after read this... plase give comment ya!!!